Langsung ke konten utama

Tips Belajar Bahasa Inggris yang Cepat & Efektif

Belajar bahasa Inggris bagi beberapa murid mungkin akan terasa sangat sulit. Ya, memang harus diakui bahwa belajar suatu bahasa yang baru itu tidak mudah apalagi jika jarang digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu, agar murid bisa termotivasi belajar bahasa Inggris, mereka harus paham bahwa belajar bahasa Inggris akan membawa banyak manfaat di dalam kehidupan mereka nantinya.
Tips Belajar Bahasa Inggris yang Cepat & Efektif

Salah satu alasannya adalah banyak turis asing yang berasal dari negara-negara yang bahasa utamanya adalah bahasa Inggris. Mereka sering melakukan perjalanan wisata dan bisnis ke negara-negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Kemudian, khususnya di Indonesia yang notabene tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama, mempelajari dan menguasai bahasa Inggris memberikan tantangan dan kepuasan tersendiri. Maka dari itu, seorang murid pun ditantang untuk bereksplorasi dengan pilihan-pilihan pembelajaran yang lain. Pilihan-pilihan tersebut pun sangat menyenangkan, apa saja itu?

1. Gunakan Internet
Dengan zaman serba canggih sekarang ini maka setiap orang tentunya lebih mudah dan punya media untuk belajar bahasa Inggris. Dengan Internet, kita pun tidak perlu kamus cetak lagi. Kita sudah bisa mempelajari arti kata dan bahkan mendengarkan pelafalan dan intonasinya.

2. Dengarkan lagu bahasa Inggris
Agar terbiasa dengan bahasa Inggris, kita pun bisa belajar bahasa Inggris dengan cara membiasakan diri mendengarkan lagu bahasa Inggris. Tentu setiap orang suka bernyanyi maka belajar bahasa Inggris pun akan semakin mudah jika dilakukan dengan cara yang disukai.

3. Tonton film bahasa Inggris
Selain menonton di bioskop, Anda pun bisa membeli atau menyewa DVD film berbahasa Inggris sebagai media belajar bahasa Inggris. Anda bisa fokus terhadap yang mereka ucapkan dengan cara mem-pause dan memutar ulang video tersebut ketika ada kata-kata yang sulit yang kita dengar.

4. Membaca tulisan bahasa Inggris
Selain secara lisan, kita pun bisa berfokus belajar bahasa Inggris secara tulisan. Kita bisa membiasakan diri membaca dan memahami setiap tulisan dalam bahasa Inggris. Biasanya tulisan dalam bahasa Inggris tersebut ada di produk-produk sehari-hari kita, berikut juga dengan terjemahannya.

5. Berlatih
Hal yang sangat penting adalah melatih diri sendiri untuk mengucapkannya. Ada orang yang bisa mengerti suatu bahasa tetapi tidak dapat mengucapkannya. Kita bisa mengatasinya dengan cara berlatih sendiri apakah dengan merekamnya dan berlatih dengan seorang teman. Berlatih dengan teman pun ada dua cara, yakni sebagai berikut:
-Saling bercakap-cakap, hal ini bisa kita lakukan dengan mereka yang juga mengerti bahasa Inggris.
-Mengajari agar tidak lupa, hal ini bisa kita lakukan pada mereka yang tidak mengerti betul bahasa Inggris.

6. Rajin mencari arti kata
Ketika kita mendapatkan kata yang sulit dan asing ketika mendengar lagu, menonton film atau di tempat lainnya maka segera catat dan cari arti kata tersebut. Jangan biarkan kita tidak mencarinya karena perbendaharaan kata kita akan itu-itu saja.

Guru juga hendaknya mengajarkan murid belajar bahasa Inggris dengan cara-cara yang menyenangkan, bisa juga dengan tips-tips di atas. Selamat belajar!

Postingan populer dari blog ini

Improvisasi Gerak dalam Tari

Improvisasi Gerak dalam Tari – Pada saat mengapresiasi karya tari, kamu pasti melihat beberapa adegan gerak yang berbeda dari yang lainnya, khususnya pada garapan karya tari kelompok. Perbedaan adegan gerak itu dapat dikategorikan sebagai adegan gerak yang disengaja atau sebaliknya. Adegan yang tidak disengaja oleh salah satu penari tersebut dapat dikategorikan sebagai gerak improvisasi oleh si penari. Akan tetapi, pada pelaksanaanya juga gerak improvisasi dalam tari dapat dilakukan secara sengaja sesuai dengan kebutuhan konsep garap. Pada situasi ini si penari sudah dikondisikan untuk melakukan gerak-gerak improvisasi dalam pengadegannya. Inti dari gerak impovisasi adalah bentuk-bentuk gerak yang dilakukan penari yang pada setiap saat dapat dilakukan berbeda tetapi masih disesuaikan dengan maksud pengadegan dari gerak itu sendiri. Konsep Tata Pentas Telah dijelaskan dalam beberapa kesempatan pembelajaran sebelumnya, sebuah penyajian karya tari tidak hanya menampilkan gerak tu

Susunan Panitia Pameran

Suatu pameran akan sukses dan lancar jika susunan panitia pameran dibentuk secara rapi dan terorganisir dengan sebaik-baiknya. Penyusunan struktur panitia pameran ini harus disesuaikan dengan situasi, kondisi dan tingkat kebutuhan sekolah masing-masing. Pada umumnya susunan kepanitiaan pameran terdiri dari panitia inti dibantu dengan seksi-seksinya. Berikut ini adalah pembagian tugas panitia pameran : a. Ketua Ketua panitia ialah pemimpin penyelenggaraan kegiatan pameran dan bertanggung-jawab terhadap kelancaran pelaksanaannya. Ketua  panitia juga diharapkan bisa mencari solusi untuk menyelesaikan segala persoalan yang ada sejak merencanakan sebuah pameran sampai tahap pelaksanaannya. Sang ketua juga diharapkan mempunyai sikap kepemimpinan yang jujur dan tegas disertai juga sifat bijaksana, sabar dan bertanggung jawab sepenuhnya terhadap tugas dan kewajiban yang dibebankan kepadanya. Juga seorang ketua dalam menjalankan tugasnya, harus dapat bekerja sama dan berkomunikasi denga

Proses Garap Gerak Tari Kreasi

Pengertian sederhana dari proses eksplorasi adalah proses penjajagan dan pencarian motif-motif gerak melalui berbagai cara yang dilakukan pada saat melakukan proses garap gerak tari. Dalam melakukan proses penjajagan gerak dan pencarian motif-motif gerak diperlukan beberapa cara atau stimulus sehingga mendapatkan ide atau gagasan dalam membuat motif-motif gerak untuk kebutuhan garapan tari. Pada langkah ekplorasi biasanya terbentuk karena adanya rangsang awal yang ditangkap oleh pancaindera. Melalui rangsang inilah, praktik ide dan gagasan mengembangkan gerak dapat dilakukan dan akan mewujudkan proses kreatif gerak yang cenderung orisinal dari karya tari yang dibuat secara sederhana. Adapun rangsang dapat diartikan sebagai sesuatu yang dapat membangkitkan pikir, semangat, dan mendorong terjadinya suatu kegiatan. Dalam proses eksplorasi ada beberapa stimulus yang dapat digunakan oleh penata tari dalam melakukan proses garap. Beberapa stimulus tersebut di antaranya berupa rangsan