Langsung ke konten utama

Menemukan Konsep Belajar Menghitung Mudah Metode Matematika Praktis

Konsep Belajar Menghitung - Pembelajaran merupakan sebuah proses dimana seorang pengajar atau guru dan anak harus saling memiliki interaksi yang baik dan saling berhubungan harmonis dengan cara menyampaikan materi pembelajaran yang menarik menggunakan metode-metode persuasif untuk matematika dan menghitung secara mudah. Dalam hal ini sebagai konsep dasar matematika sekolah dasar atau SD merupakan jenjang yang sebenarnya lebih menerapkan 80% pendidikan mental dan spiritual.

Untuk itu hanya ada tersisa 20% pengembangan kualitas sumber daya manusia yang dalam hal ini adalah anak-anak maka dibutuhkan sebuah solusi penggabungan antara pendidikan metal dan pengembangan itelektual anak. Untuk metode menghitung misalnya, tentu saja dalam penerapannya akan sulit jika 80% dari pembelajaran disekolah dasar adalah pengembangan mental. Oleh karena itu dibutuhkan solusi yang dapat membantu seorang tenaga pengaja maupun tenaga pendidik yang menyampaikan materi dengan kombinasi sistem belajar matematika secar mudah sehingga dapat dikembangkan pada anak tanpa mengurangi porsi pendidikan mental dan intelektual.

Metode pembelajaran mental dan intelekual yang bisa digabungkan untuk menemukan cara mudah menghitung dalam matematika tingkat sekolah dasar salah satunya adalah dengan memberikan pengetahuan dasar matematikanya tadi dalam porsi 20% pendidikan anak untuk intelekual harus benar-benar memberi pemahaman terhadap angka-angka dan nominal angka.

Kemudian untuk selanjutnya adalah mengkombinasikannya dengan membiasakan soal cerita yang berkaitan dengan hitungan matematika namun merupakan sebuah kebiasaan yang perlu dikembangkan oleh anak dalam kehidupan sehari-harinya, atau kebiasaan terebut telah melekat dalam mayoritas anak kecil sebelum dia mengenal hitungan dalam sekolah dasar.

Hal tesebut adalah dengan menghitung misalnya apabila seorang teman mempunyai permen lima buah, karena ada teman yang lain tidak memiliki dan diberikan satu dari pemilik 5 permen tadi maka ditanyakan saja haslinya. Kebiasaan seperti ini sudah melekat pada anak masa kini. Keadaan masyarakat yang sudah semakin maju membuat seorang anak lebih mengenal hitungan ketimbang bentuk angkanya terlebih dahulu. Oleh karena itu pengembangan hal moral tersebut bisa digabungkan dengan metode mudah dan cepat pembelajaran matematika di tingkat dasar.

Sebenarnya pemeranan ini lebih ditekankan pada metode seorang tenaga pendidik yang harus mempunyai trik kreatif untuk memacu kecintaan anak dini pada matematika. Oleh karena itu cerita yang berbau moral baik dan dikombinasikan dengan hitungan harus ditemukan oleh masing-masing guru. Penemuan kombinasi ini sebaiknya harus dibarengi dengan berbagai pertemuaan dan koordinasi guru yang lebih baik sehingga dapat ditemukan dengan mudah.

Postingan populer dari blog ini

Improvisasi Gerak dalam Tari

Improvisasi Gerak dalam Tari – Pada saat mengapresiasi karya tari, kamu pasti melihat beberapa adegan gerak yang berbeda dari yang lainnya, khususnya pada garapan karya tari kelompok. Perbedaan adegan gerak itu dapat dikategorikan sebagai adegan gerak yang disengaja atau sebaliknya. Adegan yang tidak disengaja oleh salah satu penari tersebut dapat dikategorikan sebagai gerak improvisasi oleh si penari. Akan tetapi, pada pelaksanaanya juga gerak improvisasi dalam tari dapat dilakukan secara sengaja sesuai dengan kebutuhan konsep garap. Pada situasi ini si penari sudah dikondisikan untuk melakukan gerak-gerak improvisasi dalam pengadegannya. Inti dari gerak impovisasi adalah bentuk-bentuk gerak yang dilakukan penari yang pada setiap saat dapat dilakukan berbeda tetapi masih disesuaikan dengan maksud pengadegan dari gerak itu sendiri. Konsep Tata Pentas Telah dijelaskan dalam beberapa kesempatan pembelajaran sebelumnya, sebuah penyajian karya tari tidak hanya menampilkan gerak tu

Susunan Panitia Pameran

Suatu pameran akan sukses dan lancar jika susunan panitia pameran dibentuk secara rapi dan terorganisir dengan sebaik-baiknya. Penyusunan struktur panitia pameran ini harus disesuaikan dengan situasi, kondisi dan tingkat kebutuhan sekolah masing-masing. Pada umumnya susunan kepanitiaan pameran terdiri dari panitia inti dibantu dengan seksi-seksinya. Berikut ini adalah pembagian tugas panitia pameran : a. Ketua Ketua panitia ialah pemimpin penyelenggaraan kegiatan pameran dan bertanggung-jawab terhadap kelancaran pelaksanaannya. Ketua  panitia juga diharapkan bisa mencari solusi untuk menyelesaikan segala persoalan yang ada sejak merencanakan sebuah pameran sampai tahap pelaksanaannya. Sang ketua juga diharapkan mempunyai sikap kepemimpinan yang jujur dan tegas disertai juga sifat bijaksana, sabar dan bertanggung jawab sepenuhnya terhadap tugas dan kewajiban yang dibebankan kepadanya. Juga seorang ketua dalam menjalankan tugasnya, harus dapat bekerja sama dan berkomunikasi denga

Proses Garap Gerak Tari Kreasi

Pengertian sederhana dari proses eksplorasi adalah proses penjajagan dan pencarian motif-motif gerak melalui berbagai cara yang dilakukan pada saat melakukan proses garap gerak tari. Dalam melakukan proses penjajagan gerak dan pencarian motif-motif gerak diperlukan beberapa cara atau stimulus sehingga mendapatkan ide atau gagasan dalam membuat motif-motif gerak untuk kebutuhan garapan tari. Pada langkah ekplorasi biasanya terbentuk karena adanya rangsang awal yang ditangkap oleh pancaindera. Melalui rangsang inilah, praktik ide dan gagasan mengembangkan gerak dapat dilakukan dan akan mewujudkan proses kreatif gerak yang cenderung orisinal dari karya tari yang dibuat secara sederhana. Adapun rangsang dapat diartikan sebagai sesuatu yang dapat membangkitkan pikir, semangat, dan mendorong terjadinya suatu kegiatan. Dalam proses eksplorasi ada beberapa stimulus yang dapat digunakan oleh penata tari dalam melakukan proses garap. Beberapa stimulus tersebut di antaranya berupa rangsan