Langsung ke konten utama

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

UNTAN (Universitas Tanjungpura) yang merupakan sebuah universitas negeri terbesar yang ada di kalimantan barat dengan jumlah mahasiswa yang cukup ramai serta mengusung visi Menuju Universitas Siber, tidak heranlah dengan sebuah tujuan UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University
UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Karena UNTAN memandang kedepan dengan semakin berkembang pesatnya teknologi digital saat ini, membuat para lembaga akademik harus mengikuti perkembangan revolusi industri 4.0 agar tidak ketinggalan jauh. Ya, walaupun Indonesia adalah negara berkembang namun agar tetap dapat mencetak lulusan sarjana unggulan tentu saja lembaga perguruan tinggi yang ada di seluruh Indonesia juga harus selalu update dalam hal perkembangan sistem dan teknologi yang diterapkan.

Salah satu Universitas di Indonesia yang kini mengikuti perkembangan teknologi dan sadar akan tantangan revolusi industri 4.0 adalah UNTAN atau Universitas Tanjungpurna yang berada di jantung kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Ya, hingga saat ini UNTAN semakin menunjukkan perkembangan yang maju dan cukup pesat. Bahkan beberapa waktu lalu, UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University. Cyber University memang sudah seharusnya diterapkan oleh semua universitas yang ada di Indonesia
agar tidak ketinggalan jaman.

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Tujuan UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University, tentu saja untuk mengimbangi unversitas dunia yang sudah banyak menerapkan sistem digital dan online sehingga layak disebut dengan Cyber University. Hingga saat ini sudah ada banyak hal yang dilakukan oleh pihak UNTAN dalam membangun ekosistem digital menuju cyber university di Indonesia.
UNTAN Cyber University
Mulai dari pemberian fasilitas bagi para mahasiswa agar bisa melakukan komunikasi secara online atau melalui digital. Dengan begitu, mahasiswa tentu saja akan memiliki skill yang lebih maju dan juga lebih bersinergi dalam membangun dunia pendidikan yang berbasis teknologi.

Tak hanya itu, bahkan UNTAN juga sudah menerapkan sistem digital secara online yang terintegrasi dengan baik satu dengan yang lainnya. Misalnya saja, untuk calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri untuk masuk kuliah di UNTAN, mereka bisa melakukan pendaftaran kuliah secara online melalui website scmb.untan.ac.id yang secara keseluruhan pendaftaran dan pengumuman dilakukan secara online yang didukung dengan pengumuman dimedia cetak yang bertujuan untuk menjangkau pelosok kalimantan barat yang masih memiliki sinyal internet yang sangat parah bahkan tidak ada sinyal provider.

Selain itu, para mahasiswa dalam kegiatan perkuliahannya juga bisa mengakses materi, tugas, PR, ujian secara online melalui sistem e-learning.untan.ac.id yang sudah disediakan. Hal ini tentu akan memudahkan para mahasiswa untuk menjalankan perkuliahan jika diintegrasikan dengan sistem digital.

Bahkan hingga saat ini UNTAN sebagai salah satu perguruan tinggi yang tengah berjuang untuk menuju Cyber University juga sudah banyak melakukan pembelajaran dan penelitian terkait pembangunan ekosistem digital yang sedang diperjuangkan.

Tantangan UNTAN dalam Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Sebenarnya, program Cyber University ini sudah pernah dibicarakan oleh Menristekdikti, Bapak Mohamad Nasir yang diungkapkan saat pembukaan acara Rapat Kerja Nasional Kemensitekdikti pada tahun 2018 lalu. Hal inilah yang menjadi tantangan bagi UNTAN untuk membangun ekosistem digital menuju cyber university di tahun 2020.
UNTAN Membangun Ekosistem Digital
Sudah ada banyak hal yang dilakukan oleh pihak UNTAN untuk menghadapi tantangan ini. Mulai dari sistem pendaftaran dan perkuliahan yang bisa dilakukan secara online. Bahkan hingga, pengembangan jurusan-jurusan Universitas Tanjungpurna agar sesuai dengan konsep digital cyber university yang diterapkan. Ada banyak jurusan di Universitas Tanjungpurna yang bisa dipilih. Secara umum, Universitas Tanjungpurna memiliki 9 fakulitas yakni fakultas kedokteran, MIPA, Kehutanan, Pendidikan dan Pelatihan Guru, Hukum, Ekonomi, Pertanian dan fakultas Teknik.

Semua jurusan yang ada di fakultas tersebut sudah menerapkan sistem digital secara online. Bahkan pihak UNTAN pun juga sudah memberikan dukungan bagi para mahasiswa dengan adanya fasilitas jaringan internet yang bisa digunakan untuk mengakses segala hal yang memerlukan sambungan jaringan internet. Saya rasa UNTAN tidak main-main dalam membangun ekosistem digital menuju cyber university dalam penerapannya. Hal ini tentu saja membuktikan bahwa Universitas Negeri Tanjungpurna ini sudah siap menjadi salah satu cyber university di Indonesia! Bagaimana menurut Anda?

Segudang Prestasi Mahasiswa UNTAN (Universitas Tanjungpura) Pontianak

Jika kita memperhatikan secara garis besar, dari usia Universitas Tanjungpura (UNTAN) yang sudah lumayan tua, sudah pasti universitas ini dengan usianya yang cukup berumur dan jumlah mahasiswa yang banyak serta didukung oleh tenaga-tenaga pendidik yang berkualitas pastinya memiliki banyak sekali prestasi yang diperoleh oleh mahasiswa baik itu tinggal regional, nasional bahkan internasional. Mungkin saja semua prestasi yang diperoleh tidak terdokumentasi dengan baik yang seolah-olah hanya tercatat dalam sebuah kertas atau piagam saja tidak dipublikasikan ke khalayak ramai.
Prestasi Mahasiswa UNTAN (Universitas Tanjungpura)
Sebagai Universitas terbesar dan tertua di Kalimantan Barat, pastinya UNTAN memiliki banyak sekali prestasi yang pernah diraih oleh para mahasiswa mahasiswi nya baik terpublikasi maupun tidak terpublikasi. Berikut beberapa daftar prestasi-prestasi mahasiswa Universitas Tanjungpura (UNTAN) sesuai dengan data di simkatmawa.untan.ac.id:
  1. Asean Young Entrepreneurs Forum Comparative Study 2018. Lomba Business Plan Nasional , diikuti oleh seluruh mahasiswa Indonesia. Pemenang akan mendapatkan benefit berupa Market Research di Malaysia International Class di Nanyang Technological University (Universitas Terbaik No 1 di Asia) City Tour di 2 Negara
  2. Pemilihan Mahasiswa Berprestasi 2020. Pada tanggal 11 Maret 2020 Universitas Tanjungpura melaksanakan pemilihan mahasiswa berprestasi (Pilmapres) tahun 2020.
  3. Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Pesta Ilmiah Sriwijaya (PIS) 2019. Pesta Ilmiah Sriwijaya (PIS) ialah acara tahunan yang diadakan oleh UKM U-Read Universitas Sriwijaya.
  4. Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Incredible Research and National Competition (INSTINCT) III 2019. Lembaga Pengkajian Ilmiah dan Informasi (LPII) adalah Lembaga semi otonom yang ada di Fakultas Ekonomi Universitas Riau
  5. Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Gebyar Mahasiswa Matematika (Gematika) 2019. Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Gematika merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) Algebra UIN Sunan Ampel Surabaya.
  6. National University Debating Championship (NUDC). Mahasiswa Universitas Tanjungpura (Untan) berhasil meraih juara 1 kategori Best Team di ajang Lomba Debat Berbahasa Inggris tingkat Perguruan tinggi atau National University Debating Championship (NUDC) tingkat Wilayah XI tahun 2019 yang dilaksanakan di Kantor LLDIKTI Wilayah XI, Banjarmasin. 1-2 Juli 2019.
  7. International Science, Technology, and Engineering Competition 2020. Berhasil meraih peringkat ke 2 di ajang International Science.
  8. Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Biology Open Day (BODY) 2018. perwakilan Universitas Tanjungpura yaitu Wahyu Febri Ramadhy dan Indra Amin Jaya dari Fakultas MIPA Kimia berhasil mendapatkan Juara Harapan 1.
  9. Lomba karya tulis ilmiah nasional Phytoplasm XI
  10. Lomba Karya Tulis Ilmiah 5
  11. MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK UNTAN MERAIH EMAS KATEGORI BEREGU DI KEJUARAAN PROVINSI BRIDGE XVII KUBURAYA 2019
  12. MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS TANJUNGPURA MERAIH MENDALI EMAS DI KATEGORI PASANGAN DI KEJUARAAN PROVINSI BRIDGE XVII KUBURAYA 2019
  13. EO GLOBAL STUDENT ENTREPRENEUR AWARDS, CHAPTER INDONESIA 2020
  14. Mahasiswa UNTAN Juara I dalam Kegiatan Pertamina Move ON Project 2019
  15. 2MAHASISWA FISIP UNTAN DINOBATKAN SEBAGAI PEMENANG PEMILIHAN ABANG ADEK DUTA KULINER KALIMANTAN BARAT
  16. Mahasiswa Teknik Sipil FT Untan Raih Gold Award InIIC 2019 di Malaysia
  17. ECONOMICS DEBATE COMPETITION 2109
  18. MAHASISWA FK UNTAN MEMENANGI LOMBA ESAI PADA GEBYAR MAHASISWA BIDIKMISI NASIONAL (GEMBIRA) 2019 DI UNAND
  19. MAHASISWA KEPERAWATAN JUARA I LOMBA POSTER PUBLIK PADA PEKAN ILMIAH HOLISTIK (PIHO) 2019 DI UNDIP
  20. Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura Berhasil Meraih Medali Emas Novice Best Speaker di National University Debating Championship (NUDC).
  21. MAHASISWA ARSITEKTUR FAKULTAS TEKNIK UNTAN JUARA 3 TINGKAT NASIONAL PADA GREEN WINS 2019
  22. Juara 2 Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia LLDIKTI Wilayah XI
  23. Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNTAN Pembicara Terbaik Ke-1 KDMI Tingkat Wilayah XI
  24. Pemilihan Mahasiswa Berprestasi
  25. KOMPETISI DEBAT MAHASISWA INDONESIA (KDMI) TINGKAT WILAYAH XI
  26. MAHASISWA PRODI FISIKA FMIPA UNTAN PEMBICARA TERBAIK KE-5 KDMI TINGKAT WILAYAH XI
  27. MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK UNTAN BERHASIL MENYABET MEDALI PERUNGGU ( KATEGORI PASANGAN )DI KEJURNAS BRIDGE MAHASISWA KE-21 2019
  28. PEKAN KREASI PEMUDA 2019
  29. KEJUARAAN NASIONAL SHORINJI KEMPO
  30. MAHASISWA HUKUM UNTAN JUARA 1 TINGKAT REGIONAL DEBAT KONSTITUSI
  31. WIRAUSAHA MUDA MANDIRI (WMM)
  32. GLOBAL STUDENT ENTERPRENEUR AWARD (GSEA)2019
  33. UNIMAS International Regatta 2019
  34. Tim Sepak Bola Fakultas Teknik Untan Meraih Juara Pertama pada FT UI CUP 2019
  35. ATLET SILAT FAKULTAS TEKNIK UNTAN MEWAKILI BAPOMI KALBAR, JUARA III POMNAS DI JAKARTA 2019
  36. Mahasiswa UNTAN mendapatkan Emas pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke -32 tahun 2019 di Bali
  37. Kontingen UNTAN Juara Harapan II Cabang Hifzhil Qur’an 10 Juz Putra MTQMN di Aceh
  38. Mahasiswa UNTAN JUARA II KDMI TINGKAT WILAYAH
  39. TIM UNTAN JUARA 1 NUDC TINGKAT WILAYAH

Postingan populer dari blog ini

Improvisasi Gerak dalam Tari

Improvisasi Gerak dalam Tari – Pada saat mengapresiasi karya tari, kamu pasti melihat beberapa adegan gerak yang berbeda dari yang lainnya, khususnya pada garapan karya tari kelompok. Perbedaan adegan gerak itu dapat dikategorikan sebagai adegan gerak yang disengaja atau sebaliknya. Adegan yang tidak disengaja oleh salah satu penari tersebut dapat dikategorikan sebagai gerak improvisasi oleh si penari. Akan tetapi, pada pelaksanaanya juga gerak improvisasi dalam tari dapat dilakukan secara sengaja sesuai dengan kebutuhan konsep garap. Pada situasi ini si penari sudah dikondisikan untuk melakukan gerak-gerak improvisasi dalam pengadegannya. Inti dari gerak impovisasi adalah bentuk-bentuk gerak yang dilakukan penari yang pada setiap saat dapat dilakukan berbeda tetapi masih disesuaikan dengan maksud pengadegan dari gerak itu sendiri. Konsep Tata Pentas Telah dijelaskan dalam beberapa kesempatan pembelajaran sebelumnya, sebuah penyajian karya tari tidak hanya menampilkan gerak tu

Susunan Panitia Pameran

Suatu pameran akan sukses dan lancar jika susunan panitia pameran dibentuk secara rapi dan terorganisir dengan sebaik-baiknya. Penyusunan struktur panitia pameran ini harus disesuaikan dengan situasi, kondisi dan tingkat kebutuhan sekolah masing-masing. Pada umumnya susunan kepanitiaan pameran terdiri dari panitia inti dibantu dengan seksi-seksinya. Berikut ini adalah pembagian tugas panitia pameran : a. Ketua Ketua panitia ialah pemimpin penyelenggaraan kegiatan pameran dan bertanggung-jawab terhadap kelancaran pelaksanaannya. Ketua  panitia juga diharapkan bisa mencari solusi untuk menyelesaikan segala persoalan yang ada sejak merencanakan sebuah pameran sampai tahap pelaksanaannya. Sang ketua juga diharapkan mempunyai sikap kepemimpinan yang jujur dan tegas disertai juga sifat bijaksana, sabar dan bertanggung jawab sepenuhnya terhadap tugas dan kewajiban yang dibebankan kepadanya. Juga seorang ketua dalam menjalankan tugasnya, harus dapat bekerja sama dan berkomunikasi denga

Proses Garap Gerak Tari Kreasi

Pengertian sederhana dari proses eksplorasi adalah proses penjajagan dan pencarian motif-motif gerak melalui berbagai cara yang dilakukan pada saat melakukan proses garap gerak tari. Dalam melakukan proses penjajagan gerak dan pencarian motif-motif gerak diperlukan beberapa cara atau stimulus sehingga mendapatkan ide atau gagasan dalam membuat motif-motif gerak untuk kebutuhan garapan tari. Pada langkah ekplorasi biasanya terbentuk karena adanya rangsang awal yang ditangkap oleh pancaindera. Melalui rangsang inilah, praktik ide dan gagasan mengembangkan gerak dapat dilakukan dan akan mewujudkan proses kreatif gerak yang cenderung orisinal dari karya tari yang dibuat secara sederhana. Adapun rangsang dapat diartikan sebagai sesuatu yang dapat membangkitkan pikir, semangat, dan mendorong terjadinya suatu kegiatan. Dalam proses eksplorasi ada beberapa stimulus yang dapat digunakan oleh penata tari dalam melakukan proses garap. Beberapa stimulus tersebut di antaranya berupa rangsan