Langsung ke konten utama

Fungsi Organ Tumbuhan Berdasarkan Sumber Ahli Biologi

Fungsi Organ Tumbuhan Berdasarkan Sumber Ahli Biologi - Tumbuhan atau tanaman adalah jenis makhluk hidup yang terdapat didunia ini dengan berbagai macam jenis, fungsi dan bentuk. Dari setiap jenis jenis dan bentuknya tumbuhan memiliki fungsinya masing-masing. Banyak yang paling sering kita jumpai di sekeliling kita adalah jenis tanaman yang berfungsi sebagai hiasan, bumbu makanan atau bumbu dapur, obat dan lainnya. Dalam dunia pendidikan ternyata sebenarnya tumbuhan hanya memiliki empat bagian utamanya yaitu akar, batang, daun dan bunga atau buah atau biji. Cukup sederhana bila di lihat hanya dengan sepintas memandang saja makhluk hidup jenis ini. Lalu, apakah kita tahu apa saja fungsi-fungsi organ tumbuhan menurut para ahli?

Fungsi Organ Tumbuhan Berdasarkan Sumber Ahli Biologi

Namun ternyata banyak sekali ilmu pengetahuan alam yang akan didapatkan jika kita mempelajari lebih detail tentang bagian-bagian tumbuhan tersebut, sehingga akan lebih memahami lagi dan mengerti seperti apa sebenarnya tumbuhan yang ada di sekeliling kita dapat hidup. Untuk memahami tentang fungsi organ tumbuhan disetiap bagiannya makan akan dijelaskan seperti dibawah ini satu persatu mulai dari yang paling bawah.

Fungsi Akar pada Tumbuhan

Akar merupakan bagian terbawah dari tumbuhan yang memiliki fungsi sebagai penyerap nutrisi atau makanan tumbuhan dari dalam tanah serta berfungsi juga sebagai pengangkut air dan zat hara menuju seluruh bagian tumbuhan di atasnya. Selain menyerap makanan dan mengakut air atau zat hara dari dalam tanah, akar juga memiliki fungsi pokok untuk mengokohkan atau menunjang berdirinya suatu tanaman atau pohon.

Pada beberapa tumbuhan ternyata ada juga akar yang memiliki fungsi sebagai alat pernapasan seperti pada tanaman bakau yang banyak dijumpai di tepi pantai atau sungai. Sedangkan pada beberapa jenis tanaman lain yang berjenis umbi-umbian akar dari tanaman tersebut memiliki fungsi sebagai bagian yang menyimpan makanan cadangan. Tumbuhan jenis ini antara lain adalah singkong, wortel, dan lain-lain.

Fungsi Organ Batang

Batang merupakan salah satu bagian yang berfungsi sebagai pilar yang menopang bagian lain dari tanaman yaitu antara lain seperti bunga, buah dan daun. Selain itu batang juga berfungsi sebagai penerus makanan yang sudah diserap oleh akar melalui dua pembuluh yang ada di dalam batang yaitu xilem dan floem.

Fungsi dari kedua jenis pembuluh tersebut masing-masing yaitu xilem sebagai pengangkut air dan zat hara dari akar menuju daun serta floem berfungsi mengangkut makanan yang di buat daun dari proses fotosintesis ke seluruh bagian tubuh tumbuhan. Hal ini juga menyimpulkan bahwa batang juga berfungsi sebagai pengangkut atau pendistribusi makanan tumbuhan.

Fungsi Daun pada Tanaman

Daun merupakan bagian tumbuhan dimana fungsinya sangat penting dalam proses pengolahan atau pembuatan makanan (fotosintesis) yang terjadi di dalam tubuh tumbuhan dan juga dalam fungsi sistem pernapasan tumbuhan. Proses pernapasan tumbuhan pada umumnya banyak terjadi pada daun dibandingkan pada akar seperti pada tanaman bakau. Hal ini karena pada daun terdapat stomata yang juga sebagai pori-pori daun berfungsi sebagai keluar masuknya oksigen dan transpirasi (proses kehilangan air dalam bentuk uap air). Selain itu juga terdapat bagian lubang pengeluaran pada daun (hidatoda) yang berada pada tepi daun berfungsi sebagai pengeluar air dalam bentuk titik air atau juga di sebut dengan proses gutasi.

Fungsi Bunga bagi tumbuhan

Bunga merupakan sebuah hiasan yang membuat tumbuhan menjadi lebih indah dan menarik meskipun beberapa bunga memiliki aroma yang tidak sedap namun memiliki fungsi sebagai penangkal hama atau predator tumbuhan. Fungsi utama dari bunga pada tumbuhan adalah sebagai alat perkembang biakan tumbuhan yang terjadi secara generatif (kawin). Tumbuhan memiliki dua bagian vital perkawinan yaitu putik yang berfungsi sebagai alat kelamin bertina dan benang sari sebagai alat kelamin jantan.

Fungsi Organ Buah dan biji

Bagian ini tentu saja suatu kesatuan yang tidak terpisahkan karena disetiab buah pasti ada biji. Fungsi buah pada tumbuhan adalah menjadi daging yang melindungi biji dari gangguan luar yang merugikan. Biji merupakan bakal tumbuhan baru yang juga berfungsi sebagai bagian utama perkembang biakan. Di dalam biji terdapat makanan cadangan yang disebut sebagai endosperma.

Demikianlah beberapa uraian tentang fungsi organ tumbuhan, sekiranya dapat menjadi literatur dalam memahami atau menggali informasi tentang organ-organ pada tumbuhan yang harus kita ketahui dan jangan lupa untuk membagikan artikel edukasi ini kepada teman-teman kamu dan silahkan membaca artikel edukasi yang lainnya disini, terima kasih.

Postingan populer dari blog ini

Improvisasi Gerak dalam Tari

Improvisasi Gerak dalam Tari – Pada saat mengapresiasi karya tari, kamu pasti melihat beberapa adegan gerak yang berbeda dari yang lainnya, khususnya pada garapan karya tari kelompok. Perbedaan adegan gerak itu dapat dikategorikan sebagai adegan gerak yang disengaja atau sebaliknya. Adegan yang tidak disengaja oleh salah satu penari tersebut dapat dikategorikan sebagai gerak improvisasi oleh si penari. Akan tetapi, pada pelaksanaanya juga gerak improvisasi dalam tari dapat dilakukan secara sengaja sesuai dengan kebutuhan konsep garap. Pada situasi ini si penari sudah dikondisikan untuk melakukan gerak-gerak improvisasi dalam pengadegannya. Inti dari gerak impovisasi adalah bentuk-bentuk gerak yang dilakukan penari yang pada setiap saat dapat dilakukan berbeda tetapi masih disesuaikan dengan maksud pengadegan dari gerak itu sendiri. Konsep Tata Pentas Telah dijelaskan dalam beberapa kesempatan pembelajaran sebelumnya, sebuah penyajian karya tari tidak hanya menampilkan gerak tu

Susunan Panitia Pameran

Suatu pameran akan sukses dan lancar jika susunan panitia pameran dibentuk secara rapi dan terorganisir dengan sebaik-baiknya. Penyusunan struktur panitia pameran ini harus disesuaikan dengan situasi, kondisi dan tingkat kebutuhan sekolah masing-masing. Pada umumnya susunan kepanitiaan pameran terdiri dari panitia inti dibantu dengan seksi-seksinya. Berikut ini adalah pembagian tugas panitia pameran : a. Ketua Ketua panitia ialah pemimpin penyelenggaraan kegiatan pameran dan bertanggung-jawab terhadap kelancaran pelaksanaannya. Ketua  panitia juga diharapkan bisa mencari solusi untuk menyelesaikan segala persoalan yang ada sejak merencanakan sebuah pameran sampai tahap pelaksanaannya. Sang ketua juga diharapkan mempunyai sikap kepemimpinan yang jujur dan tegas disertai juga sifat bijaksana, sabar dan bertanggung jawab sepenuhnya terhadap tugas dan kewajiban yang dibebankan kepadanya. Juga seorang ketua dalam menjalankan tugasnya, harus dapat bekerja sama dan berkomunikasi denga

Proses Garap Gerak Tari Kreasi

Pengertian sederhana dari proses eksplorasi adalah proses penjajagan dan pencarian motif-motif gerak melalui berbagai cara yang dilakukan pada saat melakukan proses garap gerak tari. Dalam melakukan proses penjajagan gerak dan pencarian motif-motif gerak diperlukan beberapa cara atau stimulus sehingga mendapatkan ide atau gagasan dalam membuat motif-motif gerak untuk kebutuhan garapan tari. Pada langkah ekplorasi biasanya terbentuk karena adanya rangsang awal yang ditangkap oleh pancaindera. Melalui rangsang inilah, praktik ide dan gagasan mengembangkan gerak dapat dilakukan dan akan mewujudkan proses kreatif gerak yang cenderung orisinal dari karya tari yang dibuat secara sederhana. Adapun rangsang dapat diartikan sebagai sesuatu yang dapat membangkitkan pikir, semangat, dan mendorong terjadinya suatu kegiatan. Dalam proses eksplorasi ada beberapa stimulus yang dapat digunakan oleh penata tari dalam melakukan proses garap. Beberapa stimulus tersebut di antaranya berupa rangsan